English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Yuk Liburan Sehat di Bogor Organic Fair - Viva
Last modified: 2014-11-20 22:15:26

Merencanakan liburan akhir pekan yang lebih sehat? Kunjungan ke Bogor Organic Fair keempat (BOF4) bisa jadi pilihan bersama keluarga. Selama tiga hari, 14-16 November 2014, Bogor Organic Fair berlangsung di Lapangan Sempur Bogor.

Tahun ini, BOF4 menekankan pentingnya pertanian keluarga untuk menghasilkan pangan organik dan lokal yang sehat sesuai dengan pencanangan 2014 sebagai tahun Pertanian Keluarga oleh Badan Pangan Dunia, FAO.

Hidup sehat dengan bahan makanan organik bagi sebagian orang mungkin terlihat sulit. Tetapi, pertanian organik ternyata bisa dilakukan siapa saja bahkan pada lahan terbatas seperti di halaman rumah.

Salah satu stan di BOF4 adalah SEPAK yang berasal dari Kediri dengan aneka olahan makanan organik. Ada berbagai keripik dari sayuran organik dan makanan ringan yang diproduksi anggota PKK dari berbagai daerah di Jawa Timur.

"Para anggota kami tersebar dan umumnya kami menanam sayur dan buah organik di halaman rumah mereka," ujar perwakilan SEPAK, Tanti.

Dia mengutarakan, sebagian produk organik kelompoknya dibuat berdasarkan pesanan. Hasilnya mampu meningkatkan kesejahteraan anggota. "Pertanian organik bisa dilakukan dimanapun walaupun lahan tidak luas," katanya.

Salah satu produk andalannya adalah kripik paru dengan penampilannya mirip dengan dendeng atau paru sapi. Namun sesunguhnya keripik renyah ini berasal dari daun singkong yang diolah sedemikian rupa. Ada pula kue-kue kering dari tepung yang tidak umum digunakan seperti tepung talas.

Di stan lain, Bogor Berkebun misalnya, memperkenalkan pertanian kepada anak sejak dini. Pengelola Bogor Berkebun, Ir Wilma mengatakan, pihaknya menyediakan program liburan edukasi berupa pengenalan pertanian bagi anak usia pra sekolah dan sekolah. Tujuannya, anak lebih mengenal proses sejak penanaman sampai produk pertanian siap diolah menjadi bahan makanan.

"Materinya disesuaikan dengan usia anak. Selain itu anak juga diajak untuk merasakan sendiri bagaimana menanam dari biji sehingga mereka lebih menghargai makanan," ujar Wilma.

Di stannya, Wilma menyediakan berbagai suvenir berupa tanaman yang dikemas dalam berbagai media tanam unik seperti bambu, hingga botol kecil.
Selama tiga hari, pengunjung Bogor Organic Fair dapat mengunjungi berbagai stan dengan produk organik seperti buah dan sayur, makanan olahan dan makanan ringan dari produk organik,kopi organik dan produk daur ulang seperti aneka hiasan dari kertas quiling dan kerajinan dari kertas koran.

Pengunjung juga mengunjung klinik organik untuk mengetahui seluk beluk pertanian organik, belajar membuat dan menyajikan minuman sehat dari madu, smoothies, dan jus, membuat permen dari sari buah, atau membuat kerajinan dari kertas daur ulang.

Lesthia Kertopati Sumber 14 November 2014
Keywords: Indonesia,organik,Bogor,keluarga,rumah,edukasi,klinik,daur ulang
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut