English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

TK Ananda Baganbatu Rohil Outbound ke Kebun Organik - RiauTerkini
Last modified: 2014-11-03 19:01:11

Cinta alam dan lingkungan perlu ditanamkan sejak usia dini. TK Ananda Baganbatu Rohil menggelar program Outbound bagi siswa untuk mengenal tanaman.

Kenalkan Tanaman, TK Ananda Baganbatu Rohil Outbound ke Kebun Organik Riauterkini-BAGANBATU-Berbagai cara dilakukan untuk mendidikan anak usia dini. Salah satunya dengan mendatangi kebun organic untuk beroutbond oleh TK Ananda Baganbatu, Rokan Hilir. Guna merangsang kecerdasan kognitif, emosional serta moral/spiritual.

Kebun organic yang dikunjungi berada di Jalan Teratai, Kepenghuluan Baganbatu Kecamatan Bagansinembah, Sabtu (11/10/14) disambut lansung pemiliknya Siswadja Muljadi alias Aseng.

Menurut Wakil Kepala TK Ananda, Riris Siringo-ringo, kegiatan outbound ini untuk memberikan pengetahuan kepada para anak-anak TK seputar tanaman sayur-sayuran.

"Karena selama ini anak-anak hanya mengerti dari buku, jadi dengan adanya kebun organik ini makanya kita membawa anak-anak ke kebun organik ini dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak khususnya tanaman sayur apalagi ini jenisnya sayuran organik," katanya kepada wartawan.

Sementara itu pengurus Yayasan Ananda, Merlyna Ang menyebutkan, pihaknya tetap mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh TK tersebut. " Kita jelas mendukung dan menyambut positif atas kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak TK ini, apalagi sasarannya kali ini adalah kebun sayur organik," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya mengenalkan jenis sayuran dan tanaman kepada para anak-anak TK tersebut. " Intinya, kita harus mengenalkan jenis-jenis sayuran sejak dini kepada anak-anak. Dengan tujuan agar anak-anak mau mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral tersebut," terang Merlyna.

Sedangkan pemilik kebun organik, Ir Siswadja Muljadi kemarin juga mengaku membuka pintu kepada seluruh sekolah-sekolah yang ingin melakukan kegiatan outbound.

"Kita tetap membuka pintu kepada seluruh sekolah-sekolah yang ada di Bagan Batu sekitarnya yang ingin melakukan belajar dialam terutama di kebun organik kita ini," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan belajar dialam tersebut akan membawa pengaruh positif bagi perkembangan kecerdasan para anak-anak. " Dengan adanya kegiatan ini jelas akan membawa efek positif terutama bagi perkembangan kecerdasan bagi para anak-anak kita ini sendiri dan tidak hanya terfokus pada buku semata," terang Siswadja Muljadi, yang juga anggota DPRD Provinsi Riau.

Upaya yang dilakukan tersebut salah satunya guna merangsang kecerdasan kognitif, emosional serta moral/spiritual anak TK.

Kebun Wisata

Tidak sampai disitu, ternyata pemilik kebun juga akan menjadikan kebun seluas 2 ha tersebut menjadi kebun wisata, dan akan dipenuhi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

"Selain itu, dilokasi ini nantinya kita akan buat berbagai tempat permainan anak anak dan tempat bersantai, dan bagi pengunjung yang ingin membeli dapat langsung memetik sendiri sayur atau buah yang akan dibeli," terang Siswaja.

Dia juga ingin, melakukan pembelajaran luar sekolah dalam pengenalan tumbuhan sayuran dan buah serta mengenal langsung sistem penanaman juga perawatan kebun organic kepada semua pihak.

"Kita juga nanti bersedia menjelaskan manfaat dan perbedaan antara sayur organik dan non organik, sebab manfaat sayur organik sangat baik untuk kesehatan, terlebih lagi sangat ramah dengan lingkungan," terangnya kembali. 

Dengan adanya kebun sayur organik ini masyarakat bisa memahami betapa pentingnya makanan tanpa bahan kimia. "Pemerintah juga harus respon terhadap ini, selain menambah pendidikan juga manfaat kesehatan yang luar biasa," pungkasnya. 

Pantauan wartawan dilokasi saat ini ada beberapa sayuran dan buah yang sudah ditanam, bahkan sudah pernah dipanen diantaranya, sayur kangkung darat, sawi manis, sawi pahit, terung biru dan bulat, tomat, cabe hijau, jagung, jeruk, sirsak, pisang dan berbagai macam tanaman lainnya.

Sumber 12 Oktober 2014

Keywords: Indonesia,organik,anak-anak,outbound,mengenal langsung,wisata,sayur
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut