English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Petani Tanahdatar Budidayakan Cabai Organik
Last modified: 2012-12-04 21:42:29

BATUSANGKAR--MICOM: Petani Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, Tanahdatar, Sumatra Barat, akan menerapkan sistem pertanian organik khususnya budidaya tanaman cabai.

"Melihat pengalaman petani lain yang berhasil meningkatkan produksi cabai organik, maka kami akan menerapkan sistem pertanian organik ini," kata Ketua Gabungan Kelompok Tani Terpadu Edi Luis saat pelatihan sistem pertanian cabai organik di Batusangkar, Senin (3/12).

Ia mengatakan, pengalaman petani dalam menanam cabai organik di mana produksinya terus meningkat dan panennya cukup panjang bila dibandingkan berbudidaya cabai seperti biasanya.

Ia melihat keberhasilan sistem budidaya tanaman cabai secara organik ini karena tidak menggunakan pestisida dan zat kimia lainnya.

"Selain itu, bertanam cabai organik dapat mengurangi biaya produksi danmengurangi serangan hama penyakit karena menggunakan pupuk organik dan bahan alami yang ada di alam," tuturnya.

Penerapan pertanian organik, tambahnya, dapat memperbaiki kesuburan tanah, menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan, memelihara agens hayati dalam pengendalian hama penyakit secara terpadu, serta mempertahankan struktur tanah yang dibutuhkan tanaman.

Ia mengharapkan melalui pengalaman petani yang berhasil membudidayakan cabai organik ini menjadi awal menuju nagari organik di mana para petaninya melaksanakan budidaya pertanian secara organik.

Dia mengatakan sudah saatnya petani untuk bangkit melakukan perubahan dari ketergantungan bahan kimia menjadi petani yang mampu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitarnya.

"Sehingga ke depan muncul petani yang handal dan lebih profesional, mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan anggota kelompok," katanya.

Kunci sukses bagi petani, jelasnya, adalah punya kemauan untuk mengubah serta berbuat, bersatu dalam kelompok dan terus meningkatkan sumber daya manusianya sehingga lahan kelompok dapat sertifikat organik dari pihak terkait.

Source 04 Desember 2012

Keywords: Petani Tanahdatar Budidayakan Cabai Organik,organik,Indonesia,cabai,kelompak,kesuburan tanah,pengendalian hama penyakit
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut