English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Pemkot Gandeng UKIT Kembangkan Pertanian Organik - Tribunnews
Last modified: 2016-08-30 21:01:50

Produk organik makin disukai pasar. Dilatarbelakangi keinginan konsumen untuk menerapkan pola hidup sehat, tanaman organik seperti sayuran terus dicari.

Pemerintah Kota Tomohon bekerja sama dengan Fakultas Pertanian, Universitas Kristen Indonesia Tomohon menggagas wacana mendirikan pasar produk pertanian organik khusus holtikultura atau sayur-sayuran.

Sekretaris Kota Tomohon, Arnold Poli, mengatakan, Pemkot mengincar segmen konsumen produk pertanian organik yang belakangan populer sebagai gaya hidup konsumsi untuk tujuan kesehatan. Apalagi Tomohon punya potensi besar untuk menggarap bisnis tersebut.

"Rencananya kita akan buat pasar produk holtikultura organik di Tomohon," kata dia kepada Tribun Manado, Kamis (25/8).

Tak harus bangunan baru, cukup membuka lapak pedagang yang nantinya menjual holtikulutura organik.

Produk organik dikembangkan tanpa bahan kimia. Pupuk dan pestisida mengandung kimia tak lagi digunakan. Penggantinya pun bersifat alamiah atau dari bahan organik.

Bisnis pertanian organik, kata Poli, harus dibangun dari hulu ke hilir. Peran petani sangat strategis, mulai tanah, pengolahannya hingga pemasarannya agar sampai ke konsumen.

"Dan yang penting harus berkesinambungan, tidak putus, produk tersedia di pasar," ungkapnya.

Diakui memang dari segi harga produk organik akan lebih mahal, namun tentu produk ini punya segmen konsumen tersendiri. "Produk organik itu steril dari bahan kimia, berdampak ke kesehatan," kata dia.

Tahun ini memang baru diwacanakan untuk dirintis, kemungkinan tahun depan. Untuk mewujudkannnya tentu harus melalui sejumlah proses.
"Kalau Bicara hulu hilir, langkahnya tentu harus merekrut petani yang mau bertanam organik," kata dia.

Kemudian perlu ada pembinaan dan arahan untuk petani. Begitu pun penyiapan lahan. "Baik itu lahan petani, atau lahan baru yang dibuka semisal memanfaatkan lahan tidur," ujarnya.

Terakhir tempat pemasarannya di pasar tradisional. Jika skalanya sudah besar bisa hingga merambah swalayan modern.
Peluangnya, lanjut Poli, cukup besar, karena Tomohon punya kreadibilitas dalam pertanian holtikultura.

"Tomohon punya kreadibilitas di pertanian ini. Saya yakin masyarakat percaya bahwa produk yang nanti dihasilkan memang produk organik," kata dia.

Selain itu, perdagangan di Pasar Tomohon bergairah, ramai diserbu bahkan dari konsumen dari luar daerah, menambah besarnya peluang bisnis produk pertanian organik.

Ryo Noor Sumber 25 Agustus 2016

Keywords: Indonesia, Organic, pola hidup sehat, sayuran, Tomohon, pasar organik, holtikultura, berkesianmbungan,
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut