English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Minim Pengetahuan, Petani Abaikan Manfaat Jerami - RadarCirebon
Last modified: 2016-05-05 19:56:49

Pasca musim panen, petani memilih untuk membakar jerami. Padahal, jerami memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesuburan tanah. Minimnya pengetahuan akan manfaat jerami ini membuat para petani memilih untuk membakarnya, ketimbang memanfaatnya sebagai pupuk organik.

Peneliti Balai Besar Padi Kabupaten Indramayu, Dr Yamin Samaullah mengatakan petani saat ini masih mengabaikan manfaat jerami sebagai salah satu sumber pupuk organik. Padahal, kata dia, jerami sangat bermanfaat untuk membantu proses penyuburan tanah.

"Ini yang sangat kami sayangkan. Petani memilih untuk membakar jerami, pada manfaatnya jauh lebih baik sebagai decomposer pupuk organik," tuturnya.

Ia menilai, perlu ada sosialisasi pada petani agar tidak lagi membakar jerami. Selain mengabaikan manfaat jerami, pembakaran jerami ini juga merugikan masyarakat. "Kami harap petani bisa mengolah jerami ini menjadi pupuk organik. Sehingga tanah jadi lebih subur, dan masyarakat pun tidak dirugikan karena asap," jelasnya.

Sementara salah satu petani Kecamatan Widasari, Karlim (54) memilih untuk membakar jerami. Dikatakannya jerami di lading sangat mengganggu petani saat hendak menggarap lahan.

"Kalau masih ada jerami, mesin traktor tidak bekerja secara maksimal. Jerami nyangkut di roda dan ini menghambat. Kalau nunggu jerami lapuk, ini membutuhkan waktu lama," jelasnya.

Ing Sumber 5 Mei 2016

Keywords: Indonesia, Organik, Indramayu, jerami, bakar, suburkan tanah, kurang pengetahuan, pupuk, decomposer,
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut