English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Kekompakan Warga Cicalengka Ini Layak Ditiru - TribunJabar
Last modified: 2015-02-02 00:17:31

Sejumlah lapisan elemen warga Cicalengka, Kabupaten Bandung serentak melakukan aksi "jumat bersih". Aksi tersebut memenuhi bahu jalan raya Cicalengka pada Jumat pagi (16/01). Aksi tersebut dimulai dari pukul 07.00 hingga 10.00 dan membuat suasana jalan Cicalengka cukup padat.

Aksi tersebut merupakan gabungan dari hampir semua elemen masyarakat di Kecamatan Cicalengka, Koramil, Polsek Cicalengka, perangkat desa dan Ormas. Menurut Ahmad Rizky Nugraha (47), Camat kecamatan Cicalengka, aksi yang digelar ini merupakan salah satu bentuk dari program penataan wilayah kota Cicalengka.

Ahmad mengatakan, jajarannya akan terus menggelar aksi serupa, tak hanya itu 200 pot tanaman tegak berdiri menghiasi bahu jalan raya kota Cicalengka.

"...dan ini akan terus menyebar, dibantu juga elemen masyarakat Cicalengka, Koramil, Polsek dan Ormas dalam pemasangannya," ujar Ahmad.
Untuk pengolahan sampah, di kantor Kecamatan Cicalengka tersedia sebuah Biodigester. Biodigester berfungsi mengolah sampah organik sehingga bisa menghasilkan gas yang bisa digunakan untuk kebutuhan memasak dan produk sampingannya adalah cairan yang bisa digunakan sebagai pupuk.

Keberadaan pasar di alun alun kota kadang menyisakan masalah sampah, namun hal tersebut bisa diatasi dengan biodigester.
"Sayang kan di Cicalengka ini ada pasar, daripada penjual sayur atau buah membuang (dagangan) yang sudah tak bisa dijual mending dimasukan saja ke biodigester supaya lebih bermanfaat," kata Ahmad.

"Bertahap sambil membenahi lingkungan, ada juga beberapa program lainnya, kita jadikan Cicalengka ini sebagai sentra kerudung," tutup Ahmad.

Editor opini : Penggunaan kata 'organik' di sini berarti biodegradable bukan 'organik = Tanpa Bahan Kimia' dan produk kompos yang dihasilkan tidak dapat digunakan untuk pertanian organik nyata. Untuk pertanian umum, lansekap, tempat umum, dll, pupuk kompos dari bahan limbah umum munical cara yang sangat baik untuk mengurangi penggunaan bahan kimia di sini dan di seluruh dunia. Dan produksi biogas adalah teknologi yang penting bagi Indonesia.

Cep Sumber 16 Januari 2015

Keywords: Indonesia,Organik,Cicalengka,Aksi,Masyarakat,sampah,biodigister
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut