English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Ini pengelola Pasar Kota Banjarmasin olah sampah sendiri jadi kompos - Antara News
Last modified: 2016-05-05 20:02:16

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Hermansyah menyatakan, sejumlah pasar di daerahnya sudah bisa mengelola sampah dengan baik, bahkan memproduksi sampah kompos.

"Kita sudah bisa melakukan pembinaan sejumlah pasar agar bisa mengelola sampah mandiri, bahkan bisa menjadikan kompos," ujarnya di Balaikota, Rabu.

Menurut dia, diantaranya Pasar Telawang, Pasar Baru, dan Pasar Teluk Dalam, yakni, sebagai pasar yang ada komoditas sayuran, dan dinyatakan pasar-pasar sehat di daerah ini.

"Karena sudah menjadi pasar sehat yang dibenahi, maka Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sendiri lengkap adanya," ucapnya.

Dinyatakan Hermansyah, kemajuan pasar tradisional terus dilakukan pemerintah kota, di mana sarana penunjang seperti sarana kebersihan ditingkatkan, hingga melakukan pengelolaan sendiri.

"Jadi kebijakan pasar bisa mengelola sampah sendiri sekarang berjalan baik, dan ini ditunjang kerjasama yang baik dengan dinas kebersihan," bebernya.

Menurut dia, sekitar 53 pasar tradisional ada di daerah ini, dan pemerintah kota terus memberi perhatian bagi program revitalisasi dan renovasinya, di mana sebagian besar sudah bisa dikatakan layak.

"Bahkan poin penilaian untuk katagori pasar terus meningkat, bahkan pada penilaian tahun ini bisa melebih 73 poin nilainya," ujarnya yakin.

Dia mengklaim, Banjarmasin mendapat penghargaan Adipura pada 2015, kondisi Pasar masuk andil dalam peningkatan poin yang menghantarkannya sebagai salah satu kota besar di Indonesia dapat penghargaan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup itu.

"Apalagi wali kota kita saat ini sangat besar perhatiannya bagi pembenahan pasar tradisional ini, bahkan dinyatakannya sebagai harga mati," pungkasnya.

B Kunto Wibisono Sumber 4 Mei 2016

Keywords: Indonesia, Organic, Banjarmasin, pasar, sampah, kompos, kebersihan
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut