English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationSuperstarsContributing Writers
Find us on Facebook

Ini Ciri dan Manfaat Makanan Organik - 1Health
Last modified: 2016-08-03 19:52:41

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai makanan organik. Selama ini kebanyakan dari kita pasti memilih sayur atau buah-buahan yang tampak menarik dengan bentuk yang sempurna, tanpa memikirkan bagaimana proses penanamannya. Makanan organik merupakan makanan yang proses penanamannya dilakukan secara alami dan tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya.

Ciri-ciri makanan organik biasanya berbentuk tidak sempurna seperti adanya lubang bekas gigitan ulat, karena ditanam tanpa pestisida dan bahan kimia pembasmi hama lainnya. Meski begitu, warna makanan organik biasanya lebih cerah dan segar. Ditambah dengan rasanya yang juga lebih enak.

Menurut berbagai penelitian, makanan organik memang tidak memiliki kandungan gizi yang lebih banyak daripada makanan non-organik. Namun mengonsumsi makanan tanpa kandungan pestisida tentu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Pestisida dan bahan-bahan kimia lain yang dibiarkan menumpuk di dalam tubuh akan menimbulkan berbagai penyakit termasuk kanker.

Makanan organik dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga tubuh lebih bugar dan tidak mudah sakit. Saat ini sudah mulai banyak supermarket yang menjual makanan organik. Selain sayuran dan buah-buahan, beberapa makanan organik yang banyak dijual adalah bumbu dapur dan ayam. Anda bisa mengenalinya dengan memeriksa label yang terdapat dalam kemasan. Apabila tidak ada labelnya, Anda bisa mengenalinya dengan memerhatikan ciri-cirinya, yaitu memiliki warna yang lebih cerah dan segar.

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, saat ini makanan organik masih dijual dengan harga yang cukup mahal bila dibandingkan dengan makanan non-organik. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar tidak terpapar banyak pestisida namun tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Setelah Anda membeli bahan makanan di pasar, cucilah bahan makanan tersebut terlebih dahulu di bawah air mengalir, sebelum memasaknya. Dengan begitu Anda bisa mengurangi unsur bahan kimia yang terdapat dalam makanan yang mungkin digunakan saat proses penanamannya.

Rianti Fajar Sumber 30 Juli 2016

Keywords: Indonesia. Organic, organik, sayur, buah, alami, segar, gizi,
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut