English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationOrganic CertificationGovernmentVolunteering in IndonesiaTAKE ACTIONContributing WritersExchange Links

Pupuk Organik

Bio Urine : Pupuk Cair Organik Dari Kencing Sapi - Bali
Last modified: 2010-11-27 04:40:07

Bapak I Wayan Suarta - 48 tahun, salah satu pegawai negeri di instansi pemerintah yang bercita cita ingin mengabdikan dirinya setelah pensiun nanti dengan menjadi petani pembuat pupuk cair dan pupuk padat organik dengan cara meluangkan waktu senggang dan hari libur kerjanya untuk melakukan ini semua.

Sejak Mei 2008, Bermula dari kebutuhan untuk pakan ternak disekitarnya kemudian saya menanami rumput gajah yang tumbuh dipematang sawah dan kebunnya, menjadikan sebuah gagasan/ ide baru dalam mengembangkan sisa limbah ternak (kencing dan kotoran ternak) untuk dapat diolah dan dimanfaatkan bersama teman temannya yang tergabung dalam Kelompok Tani SEKAR SARI Banjar Agung, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Dengan inisiatif kelompok tersebut, akhirnya kami sepakat untuk meminta bantuan kepada Bapak Ir. I Wayan Sandi, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Departemen Pertanian untuk memberikan pengarahan, pendidikan mengenai bagaimana mengolah hasil limbah (kencing dan kotoran) sapi untuk dijadikan pupuk organik. Dari pengalaman dan hasil uji coba lahan yang dimiliki Kelompok Tani tersebut hasil pupuk cair dan padat buatan Kami dapat menyuburkan tanah, meningkatkan produksi dan menekan biaya sekitar 20 % - 50 % untuk tanaman padi, jagung, lombok besar, tomat, bunga sedap malam, pacah, gumitir dan beberapa tanaman hias lainnya.
Bio Urine : Pupuk Cair Organik dari kencing sapi - Bali
Bagi masyarakat Bali terutama Petani kecil organik terobosan ide/ gagasan tersebut sangat membantu perekonomian dan memaksimalkan waktu dengan sebaik baiknya (masa tanam & masa panen). Saya menamakan Pupuk Cair Organik tersebut dengan nama BIO URINE - DITA MAS produksi sendiri (industri rumahan), kelebihan produksi industri rumahan tidak diproduksi secara massal, kualitas dan kuantitas masih bisa terjaga dan dikontrol sesuai dengan kebutuhan Petani. Oleh sebab itu kadang kadang dalam 1 (satu) bulan, saya bisa menyelesaikan 500 jerigen untuk diisi dengan pupuk cair organik.

Hal ini dapat dirasakan oleh salah satu petani kecil organik asal Payangan Gianyar Ubud untuk tanaman padinya. "akhirnya saya merasakan manfaat pupuk cair organik BIO URINE - DITA MAS hasil racikan I Wayan Suarta asal petani desa Mambal ternyata hasil lebih baik dan ramah terhadap lingkungan, selain harga terjangkau, saya bisa isi ulang jerigen pupuk cairnya" ujar I Wayan Budiana. Setiap panen rata rata saya bisa mendapatkan 6 kampil dengan berat 70 - 75 kg, maka keuntungan didapat menjadi 2 (dua) kali lipat dengan biaya produksi berkurang sampai 30 % - 40 %.

Bio Urine : Pupuk Cair Organic dari kencing sapi - Bali
Hasil percobaan dan terobosan pemakaian pupuk BIO URINE - DITA MAS lainya, hasilnya sungguh luar biasa dan sudah sesuai dengan hasil uji Lab (19 Januari 2010 s/d 23 Mei 2010) yang didaftarkan dan dilakukan oleh Bapak Ir. Made Astawa sebagai dosen Universitas Warmadewa - Denpasar yang dalam proses pengujian Sampel kandungan yang tersedia pada pupuk Cair BIO URINE - DITA MAS di UPT Laboratorium Analitik, Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Udayana, dengan Nomor Hasil Uji Laboratorium : 021/H.14.24/UPTLA/2010. Saya juga telah mendaftarkan pada instansi Departemen Perdagangan dan Industri Provinsi Bali sebagai pupuk Organik Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) yang terdiri dari pupuk padat, pupuk cair serta pestisida nabati (racun pengendali alami hama tanaman).

Menurut saya "Pemakaian bahan kimia yang dilakukan oleh para petani konvensional terdahulu sifatnya hanya menyuburkan tanaman secara cepat, instan, singkat dan membuat petani menjadi ketergantungan dengan bahan bahan kimia yang ada, hal tersebut justru mematikan tanah sebagai sumber utama secara perlahan lahan sedangkan pupuk organik baik cair maupun padat sifatnya menyuburkan tanah terlebih dahulu sebagai sumber mata rantai kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya, logikanya jika tanah sehat, tanaman yang tumbuh akan menjadi lebih baik nutrisi dan kualitas produksinya".

Siapa saja boleh mencobanya.....!!

Pupuk cair organik BIO URINE - DITA MAS adalah murni hasil olahan dari limbah air kencing sapi yang telah difermentasi (mikroba bio, arang sekam bekas padi/ kayu, kapur sirih, gula pasir/ tebu, agrodyke berbentuk tepung) sesuai takaran/ komposisi aturan organik yang sangat memperhatikan lingkungan dan kesehatan makhluk hidup didalamnya untuk digunakan seluas luasnya oleh siapa saja sebagai proses indikator kesuburan tanah dan tanaman. Tersedia dalam kemasan 1 jerigen isi 5 Liter, dosis pemakaiannya yaitu 5cc/1 liter air ukuran ideal dengan kondisi dan cuaca normal, dengan harga jual Rp. 40.000,- (empat puluh ribu rupiah).

Bio Urine : Pupuk Cair Organik dari kencing sapi - Bali

Semoga saja hasil jerih payah dan usaha ini membuat alam dan lingkungan Indonesia menjadi lebih baik lagi terutama para Petani dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya di segala aspek secara mandiri dan profesional sesuai dengan fitrahnya.

Pupuk Cair Organik Pestisida Nabati - Bali

Khasiat kotoran sapi untuk mengendalikan hama penyakit secara alami pada pada tanaman - DITA MAS adalah murni hasil olahan dari kotoran sapi yang telah difermentasi (air kencing sapi, lengkuas, jahe, kencur, kunir, bawang putih, daun intaran, daun legundi, daun sirih, daun sereh).

Tersedia dalam kemasan 1 jerigen isi 5 Liter, dosis pemakaiannya yaitu 1 liter pestisida nabati dicampur dalam 12 liter air, ini ukuran komposisi ideal dengan kondisi dan cuaca normal, penyemprotan pupuk cair organik ini dapat dilakukan pada seluruh tanaman dan tanah karena pupuk cair organik ini berfungsi mengendalikan penyakit/ hama pada tanaman.

Kontak : Bapak I Wayan Suarta

Proses pemesanan bisa 1 jerigen dan maksimal 10 jerigen (gratis 1 jerigen) di area Denpasar dan sekitarnya akan diantar ke lokasi tanpa dipungut biaya transportasi. Tetapi jika diluar daerah lainnya biaya akan dinegosiasikan terlebih dahulu.

KELOMPOK TANI SEKAR SARI. Alamat : Banjar Agung, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Kab. Badung - Provinsi Bali , Telp. (0361) 469832, Hp. 081 338 647 362

Keywords: Indonesia, organik, bio urine, pupuk cair, natural, fertilizer, kencing sapi, Bali
Bio Urine : Pupuk Cair Organik dari kencing sapi - Bali
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut