English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationOrganic CertificationFair TradeGovernmentVolunteering in IndonesiaTAKE ACTIONContributing WritersExchange Links

Farming

OISCA Sukabumi Training Center - Java Barat
Last modified: 2011-11-18 01:36:20

PROFIL KEGIATAN OISCA DI INDONESIA LATAR BELAKANG OISCA (Organization for Industrial and Cultural Advancement) merupakan suatu organisasi International nir laba yang berpusat di Jepang dan memiliki banyak cabang yang tersebar diberbagai negara terutama di kawasan Asia Pasifik dan Amerika latin. Bertujuan untuk meningkatkan semangat dan budaya berkarya pada masyarakat dunia, khususnya pada masyarakat negara - negara berkembang. OISCA didirikan pada tanggal 6 Oktober 1961 oleh Dr. Yonosuke Nakano yang kemudian dipilih sebagai presiden pertama.
OISCA International mulai mengadakan kerja sama dengan pemerintah Indonesia yaitu dengan ditandatanganinya suatu perjanjian pada tanggal 5 Januari 1979 dengan departemen Sosial RI, Persetujuan ini beberapa kali mengalami perubahan dan terakhir kali berbentuk Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Departemen Luar Negeri Republik Indonesia yang ditandatangani pada tanggal 19 Juni 1989.

TUJUANOISCA training organik organic
Tujuan utama yang hendak dicapai OISCA adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkwalitas terutama dalam bidang pertanian dengan Menumbuhkan semangat berkarya dalam diri manusia

VISI
Membentuk insan-insan mandiri, dengan tekat dan semangat tinggi serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungannya.

MISI
Menciptakan masa depan masyarakat dunia yang damai dengan lingkungan yang baik dan dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang.

KEGIATAN OISCA DI INDONESIA
A. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
OISCA masuk ke Indonesia pada tahun 1979 dan mulai mengadakan pelatihan pertanian angkatan pertama pada tahun 1981. Pada saat itu pusat pelatihan masih di Cibubur. Pada saat ini kegiatan OISCA berpusat di Kampung Cimenteng, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Base Camp Cimenteng dijadikan pengendali atau pusat kegiatan-kegiatan OISCA di Indonesia. Seiring dengan perkembangan kegiatan OISCA sehingga jumlah peminat yang ingin mengikuti pendidikan dan pelatihan di OISCA kian bertambah, maka OISCA membuka beberapa cabang training center di beberapa daerah dengan mengadakan kegiatan yang serupa, di antaranya ;
1. OISCA Cimenteng Training Center
2. OISCA Karanganyar Training Center di Solo, Jawa Tengah
3. OISCA Tani Mandiri Training Center di Kabupaten Tebo, Jambi
4. CITRA-OISCA Kupang di Kupang, NTT
5. OISCA Sorong Training Center di Sorong, Irian Jaya

OISCA farming organic pertanian organikKegiatan OISCA di Indonesia terpusat di Kabupaten Sukabumi yaitu di OISCA Cimenteng Training Center. yang bertempat di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Base Camp Cimenteng dijadikan pengendali atau pusat kegiatan-kegiatan OISCA di Indonesia. Pelatihan ini diperuntukan bagi para pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Indonesia. dengan materi pelatihan di bidang pertanian, permeubelan, peternakan ayam, keterampilan wanita dan lingkungan hidup. Pesertanya adalah para pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Indonesia serta memprioritaskan peserta yang berasal dari Kabupaten Sukabumi.

1. Pelatihan pertanian
Setiap manusia membutuhkan makanan, sehingga makanan merupakan hal yang paling pokok dalam kehidupan. Agar kita tidak kekurangan pangan maka perlu kita berupaya melaksanakan mengolah lahan untuk mendapatkan hasil dari pertanian agar tidak terjadi kelaparan. Makin kuat pertanian suatu Negara maka makin kuat pula perekonomian Negara tersebut. Untuk itulah para peserta training diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai teknik budidaya pertanian dan pentingnya pertanian bagi kehidupan manusia. Sehingga diharapkan dapat lebih banyak lagi pemuda yang mau bergelut dalam bidang pertanian.

2. Permebeulan
OISCA pupuk organik kompos organic fertilizer and compostPerkembangan furniture di Indonesia yang semakin berkembang pesat dan menjadi salah satu alternative mata pencaharian masyarakat di Indonesia. Hal ini perlu didukung perkembangannya dengan keterampilan yang dapat mengimbangi perkembangan furniture yang semakin modern. Sehingga menjadikan salah satu sumber income alternative bagi masyarakat. Pelatihan ini diarahkan untuk dapat memberikan pelatihan keterampilan di bidang mebeler yang dibuat dengan peralatan modern maupun manual. Mendidik para peserta pelatihan yang berminat dalam bidang permebelan dan ingin membuka usaha sendiri di daerahnya. Disamping itu pula terbuka bagi masyarakat sekitar yang tertarik untuk belajar permebelan.

3. Pemberdayaan Wanita
Di era global ini peranan kaum wanita dalam rumah tangga maupun dalam karir pekerjaan menuntut perkembangan yang lebih inovatif dan tidak membosankan. Diantaranya dapat memasak aneka jenis masakan bagi keluarganya, mengetahui tentang gizi, mengerti mengenai kesehatan keluarga dan dapat menambah pendapatan keluarga. Sehingga terbentuk kaum jender yang tangguh, dapat membantu kesejahteraan keluarga dan berbahagia.

4. Peternakan Ayam
OISCA ayam organik organic chickenMemberikan pelatihan bagi peserta untuk mempelajari peternakan yang berwawasan lingkungan, tidak bau, enak, sehat dikonsumsi dan bebas flu burung.

5. Kedisiplinan dan kepemimpinan
Sikap mental dan kedisipinan serta etos kerja yang tinggi merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang dalam mencapai cita-citanya dalam berkarir. Termasuk para siswa OISCA harus memiliki ketiga unsur tersebut yang dikondidikan dan dimasukkan dalam kurikulum pelatihan. Diharapkan setelah selesai pelatihan mereka mempunyai kemampuan untuk dapat mandiri. 

Selama OISCA berada di Kabupaten Sukabumi (tahun 1999-2007), OISCA telah berhasil mendidik para pemuda-pemudi asal Sukabumi sebanyak 295 orang termasuk training utama dan magang, sebagian diantaranya telah mengikuti training di Jepang.

Kegiatan - Kegiatan yang di laksanakan oleh OISCA Sukabumi Training Center meliputi:

  • Pertanian Alamiah dan Pertanian Organik
  • Pembuatan Pupuk Organik
  • Peternakan Ayam Kampung Ramah Lingkungan
  • Permeubelan
  • Agroforestry
  • Tata Boga dan Menjahit
  • Pembibitan Bunga Krisan
  • Kegiatan Lingkungan bersama anak-anak SD dengan Program CFP(Childrns Forest Program) Program di mulai dari tahun 1993 sampai saat ini sudah 300 Sekolah Dasar yang sudah di bina dan Hasilnya sudah di nikmati oleh pihak sekolah
  • Penghijauan bersama masyarakat dengan Program PFP(People Forest Program)

 

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

OISCA Sukabumi Training Center

Kontak :
Muhammad Halid
Direktur Sukabumi Training Center
OISCA Indonesia
PO. BOX. 28 Cibadak, Sukabumi 43161 Jawa Barat Indonesia.
email
website

Himpunan Alumni OISCA di Indonesia
OISCA SUKABUMI TRAINING CENTER
(Organization for Industrial Spiritual and Cultural Advancement)
Kp. Cimenteng RT01/05 Ds. Sukamulya, Kec. Cikembar, Sukabumi - Jawa Barat Indonesia 43161.

Keywords: OISCA, Indonesia, organik, organic, pelatihan, pertanian, peternakan, ayam,organic training
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut