English English   Indonesia Indonesia
Organic ShoppingOrganic Producers Green HomeEco PropertiesEco/GreenOrganic DistributionOrganic Farm SuppliesOrganic EventsOrganic NewsOrganic NGOOrganic EducationContributing Writers
Find us on Facebook

Indonesia News

"...the global community of foodies can make a real difference to poor people who struggle daily with hunger and survival" WFP Director of Public Policy Strategy, Nancy Roman

Misi Kami - Our mission is to provide a central resource for everything organic in Indonesia - all organic businesses - large and small. Send us information about organic / natural product businesses you know. Contact us.

Last modified: 2016-05-05 20:38:52

PETANI di Indonesia, termasuk Kabupaten Purworejo saat ini dihadapkan pada persoalan yang sangat kompleks. Tingkat kesuburan lahan semakin menurun, ketergantungan terhadap pupuk kimia pabrikan, serta serangan organisme pemangsa tanaman (OPT) yang makin sulit diatasi. Kondisi itulah yang menjadi keprihatinan bagi praktisi dan pendamping petani Citra Ady Pradana. Warga Cangkrep Lor ini pun menggagas pola pertanian berbasis kemandirian yang salah satunya terfokus pada kemandirian pupuk. "Pupuk menjadi salah satu kebutuhan primer bagi pertanian. Seringkali pupuk ini memunculkan biaya produksi sangat besar yang harus ditanggung petani. Di sinilah perlu dibuat terobosan agar petani tidak memiliki ketergantungan terhadap pupuk kimia," ujar alumni Fakultas Pertanian UGM ini. Laki-laki yang akrab disapa Dana ini pun mencoba membuat berbagai pupuk dengan bahanbahan alamiah.

Keywords: Indonesia, Organik, Purworejo, petani, pupuk, alami, ekosistem, ternak
Last modified: 2016-05-05 20:02:16

Dinyatakan Hermansyah, kemajuan pasar tradisional terus dilakukan pemerintah kota, di mana sarana penunjang seperti sarana kebersihan ditingkatkan, hingga melakukan pengelolaan sendiri. "Jadi kebijakan pasar bisa mengelola sampah sendiri sekarang berjalan baik, dan ini ditunjang kerjasama yang baik dengan dinas kebersihan," bebernya.

Keywords: Indonesia, Organic, Banjarmasin, pasar, sampah, kompos, kebersihan
Last modified: 2016-05-05 19:56:49

Pasca musim panen, petani memilih untuk membakar jerami. Padahal, jerami memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesuburan tanah. Minimnya pengetahuan akan manfaat jerami ini membuat para petani memilih untuk membakarnya, ketimbang memanfaatnya sebagai pupuk organik.

Keywords: Indonesia, Organik, Indramayu, jerami, bakar, suburkan tanah, kurang pengetahuan, pupuk, decomposer,
Last modified: 2016-05-05 19:46:09

Sebagai salah satu bagian penting dari sistem pertanian organik, pembuatan Mikroorganisme Lokal atau yang biasa disebut MOL, sangatlah mudah dan murah, bahkan tanpa biaya sepeserpun. Yang terpenting dalam membuat MOL, unsur karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme harus cukup.

Keywords: Indonesia, Organik, MOL, Mikroorganisme Lokal, mudah, murah, sampah dapur, nasi, video
Last modified: 2016-04-21 22:07:42

Kini makin banyak orang yang mengonsumsi makanan organik. Apakah Anda sudah mengetahui pentingnya makanan organik? Selain fakta bahwa bahan makanan organik dihasilkan dari proses yang sarat akan pentingnya keberlanjutan, makanan organik juga sangat diusahakan terhindar dari pestisida buatan, pupuk sintetis, organisme yang dimodifikasi secara genetik dan juga radiasi pengion (ionizing radiation).

Keywords: Indonesia, organik, makanan, keberkelanjutan, gizi, antioksidan, kanker
Last modified: 2016-04-21 21:59:35

Tanah merupakan salah satu faktor penting dalam pertanian, tanah yang subur yaitu tanah yang mengandung beberapa unsur yang diperlukan oleh tanaman untuk menyuplai nutrisinya sehingga dapat menghasilkan panen yang tinggi sepanjang tahun. Namun, jika tanah tersebut mampu menghasilkan panen yang tinggi tetapi hanya bisa ditanami sekali saja dalam setahun (misalnya karena tidak ada air) maka itu tidak dapat dikategorikan sebagai tanah yang subur.

Keywords: Indonesia, organic, tanah, subur, pertanian, mikroorganisme, unsur hara, struktur tanah
Last modified: 2016-04-12 00:13:35

"We declare today that Benoa Bay is a sacred area that must be maintained and preserved," said high priest Ida Pedanda Gede Bang Buruan Manuaba, who led the meeting attended by 22 high priests from across Indonesia.
The priests said Benoa Bay had many sacred places because the beach was used for religious rituals such as melasti, a Hindu ceremony to spiritually cleanse the soul and nature. It also had many temples, they added.

Keywords: Indonesia, Organic, Bali, Benoa bay, sacred area, PHDI, reclamation project, recommendation
Last modified: 2016-04-11 23:18:57

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Semarang, Nurhadi Subroto menghimbau warga untuk tidak membakar sampah. Berbicara sampah, kedepan memang butuh solusi pengelolaan agar tidak menimbulkan masalah baru.

Keywords: Indonesia, Organik, BLH, Semarang, Nurhadi Subroto, sampah, pengelolaan sampah, 3R, Adipura, Bank sampah, TPA, Tempat Pemrosesan Akhir, briket, ekanomis
Last modified: 2016-04-11 23:10:24

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta petani sawah di daerah itu agar menggunakan pupuk organik. "Kami minta petani untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia, karena bisa menurunkan kesuburan tanah atau sawah dalam jangka panjang," kata kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kendari, Zainal Arifin di Kendari, Jumat.

Keywords: Indonesia, Organik, Kendari, petani, pupuk organik, kesuburan tanah, jangka panjang
Last modified: 2016-04-07 02:05:37

Sekitar 200 siswa dari empat sekolah dasar di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, diajari cara menanam tanaman padi organik dengan metode System of Rice Intensification

Keywords: Indonesia, Organik, SRI, tanam padi, Sukolilo, siswa SD, belajar, padi hitam, modern, alami
«  1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  ...  »
Advertise here - contact Indonesia Organic
Harga iklan listing dan banner efektif untuk website www.indonesiaorganic.com sebagai berikut